Selasa, 06 Maret 2012

Structural Expression


Pengertian Structural Expression

Expression dalam bahasa Indonesia berarti ekspresi yaitu pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan dan sebagainya).

Structural sama pengertiannya dengan struktur yaitu :

  • Kerangka bangunan, cara sesuatu disusun.
  • Alat untuk mewujudkan gaya-gaya ekstern menjadi mekanisme pemikul beban intern untuk menopang dan memperkuat konsep structural.
  • Kerangka bangunan keseluruhan yang memungkinkan bangunan berdiri.

Jadi pengertian structural expression atau ekspresi struktur adalah mengungkapkan atau mengekspresikan elemen-elemen pemikul beban yang saling terkait agar dapat menunjang penampilan arsitektur bangunan pada gedung Solo Sport Center.

Struktur dan Arsitektur

Hubungan antara struktur dan arsitektur dapat berupa lebih dari satu bentuk hubungan yang akan mempengaruhi efek struktur terhadap arsitektur. Struktur dan arsitektur dapat berkaitan dalam berbagai cara yang beragam mulai dari dominasi struktur secara penuh pada arsitektur yang ekstrim hingga pengabaian sepenuhnya persyaratan structural dalam penentuan bentuk bangunan dan pengolahan estetikanya. Bentuk-bentuk hubungan tersebut, yang jumlahnya tak terbatas ini, dapat dikelompokkan menjadi enam bidang berikut:

· Ornamentasi struktur

· Struktur sebagai ornament

· Struktur sebagai arsitektur

· Struktur sebagai penghasil bentuk

· Struktur yang diterima

· Sturktur yang diabaikan

Jenis-jenis Hubungan antara Struktur dan Arsitektur

Ornamentasi Struktur

Dalam menentukan system struktur, bentuk ysng diambil merupakan akibat yang logis dari perlindungan struktur pada bangunan. Kategori ornamentasi stuktur merupakan salah satu versi dimana bangunan hanya memiliki perlindungan struktur yang terlihat dengan beberapa penyesuaian yang minimum untuk alasan visual. Contoh bangunan yang termasuk kategori ini adalah sebagai berikut: Gedung Parthenon di Athena, bangunan pada zaman Pertengahan Gothic, bangunan Pallaio’s Valmarana, Vicenza oleh Andrea Palladio, AEG Turbine Hall, Berlin, 1908; Arsitek Peter Behrens, bangunan Reliance Control di Swindon, UK, 1966; arsitek Team 4 dan Tony Hunt.

Struktur Sebagai Ornamen

‘estetika insinyur dan arsitektur – adalah dua hal yang bergerak bersama dan saling mengikuti.’

Hubungan antara struktur dan arsitektur dalam kategori ini meliputi manipulasi pada elemen struktur dengan criteria visual sebagai criteria utama. Hubungan ini merupakan fenomena yang sangat menonjol pada abad kedua puluh. Seperti halnya dalam kategori ornamentasi pada struktur, kategori ini juga mementingkan efek visual akan tetapi tidak seperti dalam ornamentasi pada struktur, proses desain pada kategori ini lebigh dikendalikan oleh pertimbangan visual disbanding pertimbangan teknis. Akibatnya kinerja struktur-struktur ini jauh dari ideal jika dinilai oleh criteria teknis.

Struktur sebagai ornament dapat dibedakan dalam tiga versi, sebagai berikut:

  • Pada awalnya, struktur digunakan secara simbolik. Pada versi ini peralatan yang dihubungkan dengan efisiensi struktur, yang sebagian besar diapat dari industri luar angkasa dan dari ilmu pengetahuan fiksi, digunakan sebagai perbendaharaan visual yang dimaksudkan untuk menyampaikan ide etntang kemajuan dan dominasi teknologi di masa depan.
  • Struktur ekspos yang mengagumkan direncanakan sebagai respon terhadap keadaan buatan yang diciptakan. Pada bangunan jenis ini, bentuk struktur yang diekspos dibenarkan secara teknis, tetapi hanya sebagai solusi untuk permasalahan teknis yang tidak perlu yang diciptakan oleh para perencana bangunan.
  • Penggunan pendekatan di mana struktur diekspresikan untuk menghasilkan bangunan yang menarik denghan menggunakan teknologi terkenal, tetapi di mana tujuan visual yang diinginkan tidak cocok dengan logika structural. Tidak adanya penggunaan gambaran yang jelas-jelas berhubungan dengan teknologi maju membedakan kategori ketiga ini dari kategori yang pertama.

Struktur Sebagai Arsitektur

Dalam suatu perencanaan bangunan dimana batas dari apa yang mungkin secara teknis dikerjakan, tanpa memungkinkan kompromi terhadap persyaratan struktur. Ini adalah jenis ketiga dari hubungan antara struktur dan arsitektur yang juga diartikan sebagai struktur tanpa ornament, tetapi mungkin lebih tepatnya adalah struktur sebagai arsitektur. Batasan dari apa yang memungkinkan secara struktur dapat dicapai untuk bangunan dengan bentang sangat panjang dan sangat tinggi. Kasus lainnya adalah bila diinginkan berat struktur yang sangat ringan agar bangunan dapat mudah dipindahkan, atau adanya hal-hal teknis lainnya yang begitu penting sehingga dapat menentukan perencanaan.

Struktur Sebagai Penghasil Bentuk/ Struktur yang Diterima

Kategori ini digunakan untuk menggambarkan hubungan antara struktur dan arsitektur dimana persyaratan structural diijinkan untuk sangat kental mempengaruhi bentuk bangunan walaupun struktur tersebut sebenarnya tidak diekspos. Dalam jenis hubungan ini digunakan susunan elemen yang paling pantas secara struktur dan arsitektur dusesuaikan dengannya. Alas an mengapa kedua kasus dibedakan adalah karena bentuk kedekatan hubungan antara arsitektur dan struktur sangat bervariasi. Kadng-kadang hal ini sangat positif, dengan kemungkinan bentuk struktur yang dihasilkan dapat digunakan untu disumbangkan pada suatu gaya arsitektur. Alternative kedua, meskipun bentuk bangunan sangat ditentukan untuk memenuhi persyaratan structural, kepentingan arsitektural diletakkan di tempat lain.

Struktur yang Diabaikan dalam Proses Pembuatan Bentuk dan Bukan Bagian dari Pembentukan Estetika

Sejak pengembangan teknologi struktur dengan menggunakan baja dan beton bertulang, maka memungkinkan untuk merencanakan bangunan tanpa mempertimbangkan bagaimana struktur tersebut dapat didukung dan dibangun setidaknya pada proses tahap persiapan atau pendahuluan. Hal tersebut di atas menjadi memungkinkan karena sifat kekuatan yang dimiliki oleh baja dan beton bertulang, sehingga hamper semua bentuk dapat dibangun, selama bentuknya tidak terlalu besar dan tidak ada batasan keuangan. Kebebaasn ini merupakan kontribusi yang berarti dan sering tidak dinyatakan dalam teknologi struktur yang dibuat untuk arsitektur, dengan membebaskan arsitek dari kekangan yang dipaksakan oleh kebutuhan untuk mendukung bangunan dengan pasanagn bata dan kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar