Rabu, 07 Maret 2012

Palau Sant Jordi



Palau Sant Jordi

Arsitek : Arata Isozaki & Associates

Dibangun : Agustus 1985 – 1990

Lokasi : Montjuic, Barcelona, Spanyol

Klien : Barcelona Provincial and City Council

Bangunan ini dapat menggelar pertunjukkan akbar, baik olah raga maupun pertunjukkan seni, karena kapasitasnya yang dapat menampung 17.000 penonton. Permainan split level sangat terasa pada gedung ini, mengingat kondisi lahan yang berkontur.

Sekeliling tribun penonton pada tiap lantai bangunan terdapat koridor yang cukup lebar, sehingga penonton dapat leluasa berpindah dari satu tribun ke tribun yang lain, dan dapat dengan cepat keluar dalm situasi darurat. Dari koridor sirkulasi tersebut, pada tiap lantainya dapat menggabungkan ke luar bangunan bahkan ke tepi jalan raya. Jadi penonton yang berada di lantai atas dapat langsung ke luar bangunan tanpa harus melewati lantai 2 atau 1. dengan demikian arus keluar penonton dapat cepat dalam beberapa menit dan berfungsi pula sebagai pengantisipasian jika terjadi sesuatu yang bersifat insidential.

Yang menarik dari struktur yang digunakan adalah penggunaan space frame yang melengkung berbentuk dome dengan bahan baja untuk menutupi arena utama yang begitu luas. Arena tengan sebesar 73 x 50 m seluruhnya tertutup struktur tersebut. Semua terekspose dengan jujur sehingga memberi kesan dinamis dan sesuai dengan citra bangunan olah raga.

Penggunaan struktur rangka baja sangat terasa terutama di dalam ruangan. Kolom-kolom baja berbentuk bulat terlihat berdiri sendiri dengan warna yang ”berani” sehingga hamper seluruh bagian ruang dalam didominasi oleh struktur baja.

Dari studi kasus ini dapat diambil beberapa masukan :

  • Pengaturan tribun penonton dengan memperhatikan sirkulasi penonton.
  • Penggunaan struktur space frame yang berbentuk dome pada penutup atapnya memberi kesan yang sangat ekspresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar